Pengertian dan Jenis Jenis Baja Karbon yang Perlu Kamu Ketahui (Anak IPA Wajib Tahu!!!)


Baja adalah logam paduan dengan besi (Fe) sebagai unsur dasar dan karbon (C) sebagai unsur paduan utamanya. Kandungan karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai kelasnya. Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengerasan pada kisi kristal atom besi. Baja karbon adalah baja yang mengandung karbon lebih kecil 1.7%, sedangkan besi mempunyai kadar karbon lebih besar dari 1.7%. Baja mempunyai unsur-unsur lain sebagai pemadu yang dapat mempengaruhi sifat dari baja. Penambahan unsur-unsur dalam baja karbon dengan satu unsur atau lebih, tergantung dari pada karakteristik baja karbon yang akan dibuat.

Baja Karbon
Baja karbon adalah baja yang memiliki unsur besi dan karbon serta unsur lainnya tetapi masih dalam batas-batas tertentu yang tidak banyak berpengaruh terhadap sifatnya. Unsur unsur ini biasanya merupakan ikatan yang berasal dari proses pembuatan baja/besi, seperti mangan, silikon dan beberapa unsur pengotoran yakni belerang, phosphor, oksigen, nitrogen dan lain-lain yang biasanya ditekan sampai kadarnya sangat kecil .

Jenis Baja Karbon
Secara garis besar, baja karbon dibagi menjadi 3 yaitu:

Baja Karbon Rendah
Baja karbon rendah mempunyai kadar karbon sampai 0.25%. Baja ini digunakan sebagai baja konstruksi umum, baja profil rangka bangunan, baja tulang beton, rangka kendaraan, mur atau baut, pelat, dan pipa. Baja ini kekuatannya rendah, lunak, dan keuletannya tinggi, mudah dibentuk. Baja ini tidak dapat dikeraskan kecuali dengan case hardening.

Baja Karbon Menengah
Baja karbon menengah mempunyai kadar karbon antara 0.25% sampai 0.55%. Bersifat lebih kuat dan lebih keras dibandingkan dengan baja karbon rendah dan dapat dikeraskan. Penggunaannya hampir sama dengan baja karbon rendah, namun penggunaannya kebanyakan untuk baja konstruksi mesin seperti poros, roda gigi, dan rantai karena memiliki kekuatan dan ketangguhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan baja karbon rendah. 

Baja Karbon Tinggi
Baja karbon tinggi mempunyai kadar karbon lebih dari 0.55% bersifat lebih kuat dan lebih keras dibandingkan dengan baja karbon menengah, namun keuletan dan ketangguhannya rendah. Baja ini digunakan sebagai baja tahan perkakas yang biasanya memerlukan sifat tahan aus, misalnya untuk mata bor, reamer, tap, dan perkakas tangan.

Pengertian dan Jenis Jenis Baja Karbon yang Perlu Kamu Ketahui (Anak IPA Wajib Tahu!!!) Pengertian dan Jenis Jenis Baja Karbon yang Perlu Kamu Ketahui (Anak IPA Wajib Tahu!!!) Reviewed by Bagi Bagi Gus on 7:04 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.