Pengertian, Klasifikasi dan Morfologi Kerang Darah (Anadara Granosa)

Kerang darah, kerang dagu, kopiri atau kosa yang dikenal sebagai cockle adalah sekelompok kerang yang memiliki belahan cangkang yang sama melekat satu sama lain pada batas cangkang. Cangkang berukuran sedikit lebih panjang dibanding tingginya tonjolan (umbo).

Setiap belahan cangkang memiliki 19-23 cm. Lapisan luar cangkang umumnya berwarna putih, berselaputkan suatu lapisan berwarna kecokelatan. Pada spesies Anadara granosa, jalur-jalur radier terputus-putus. Lapisan dalam cangkang umumnya berwarna putih keruh. Kerang darah hidup terbenam dibawah permukaan tanah pada kedalaman perairan 0-1 m, serta memiliki substrat pasir berlumpur. Pertumbuhan kerang darah tergolong lambat, hanya 0,098 mm/hari. Kerang darah memakan makanan dengan cara menyaring (filter feeder).

Klasifikasi dan Morfologi Kerang Darah (Anadara Granosa)
Kelas Pelecypoda atau Bivalvia meliputi kerang, tiram, remis dan sebangsanya. Pada dasarnya Pelecypoda mempunyai cangkang setangkup dan sebuah mantel yang berupa dua daun telinga atau cuping yang simetri bilateral. Kerang tidak mempunyai radula seperti Gastropoda dan tidak mempunyai kepala atau tentakel yang nyata. Kerang darah (Anadara granosa) merupakan jenis kerang yang termasuk kedalam kelas Pelecypoda dan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom: Animalia
Filum: Mollusca
Kelas: Pelecypoda / Bivalvia
Sub Kelas: Lamelladibranchia
Ordo: Taxodonta
Family: Arcidae
Genus: Anadara
Spesies: Anadara granosa

Tiram, kerang dan sebangsanya mempunyai dua cangkang di kedua sisi tubuh yang disebut tangkup (valve). Cangkang terdiri dari dua bagian seperti pada Gambar 1, kedua cangkang tersebut disatukan oleh suatu sendi elastis yang disebut hinge (terletak di permukaan dorsal). Bagian dari cangkang yang membesar atau menggelembung dekat sendi disebut umbo (bagian cangkang yang umurnya paling tua). Disekitar umbo terdapat garis konsentrasi yang menunjukkan garis interval pertumbuhan dan sel epitel bagian luar dari mantel menghasilkan zat pembuat cangkang.
Gambar  1. Struktur morfologi Pelecypoda
Cangkang terdiri dari 3 lapisan seperti pada Gambar 2 yaitu:

a) Periostrakum
Lapisan tipis paling luar yang terbuat dari bahan organik konkiolin, sering tidak ada pada bagian umbo.

b) Prismatik 
Lapisan bagian tengah yang terbuat dari kristal-kristal kapur (kalsium karbonat).

c) Nakreas  
Lapisan bagian dalam yang terbuat dari kristal-kristal kalsium karbonat dan mengeluarkan bermacam-macam warna jika terkena cahaya. Sering juga disebut lapisan mutiara. Lapisan nakreas dihasilkan oleh seluruh permukaan mantel, sedangkan lapisan periostrakum dari lapisan prismatik dihasilkan oleh bagian tepi mantel.
Gambar 2. Penampang melintang cangkang dan mantel kerang darah (Anadara granosa)
Pengertian, Klasifikasi dan Morfologi Kerang Darah (Anadara Granosa) Pengertian, Klasifikasi dan Morfologi Kerang Darah (Anadara Granosa) Reviewed by Bagi Bagi Gus on 9:42 PM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.